Lagu Yang Dipercaya Pemanggil Makhluk Halus

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat.Tak hanya itu sebagian besar masyarakat Indonesia masih mempercayai adanya keberadaan makhluk ghaib.

Berbagai ritual pun dipercaya dapat mendatangkan makhluk halus. Lagu-lagu tertentu juga diasumsikan dapat memanggil makhluk halus tanpa harus menjalankan ritual tertentu.

Ingin tahu lagu apa saja yang dapat memanggil makhluk halus? Berikut Lagu Memanggil Makhluk Gaib atau Makhluk Halus

1. Lingsir Wengi

hqdefaultSebagian masyrakat Indonesia percaya lagu lingsir wengi sebagai pemanggil makhluk halus.Lagu lingsir wengi diidentikan dengan lagu untuk pemanggil kuntilanak.

Penggunaan lagu Lingsir Wengi ini sebagai lagu latar dari film hantu Indonesia membuat makna lagu ini menjadi salah arti, sampai-sampai lagu lingsir wengi ini dianggap sebagai lagu yang bisa mengundang kedatangan mahluk halus jika diputar tengah malam.

Sebenarnya lagu Lingsir Wengi ini biasa dinyanyikan oleh ibu-ibu untuk menidurkan anaknya di kala malam yang sunyi, yang berfungsi agar si anak diberikan perlindungan oleh Tuhan, sedangkan nama lain dari Lingsir Wengi yaitu kidung Rumekso Ing Wengi.

Beberapa hal yang berkaitan dengan lagu lingsir wengi.

banner-covera. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga yang mempunyai nama kecil Raden Said ini memiliki nama-nama lain seperti Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman. Beliau lah yang menciptakan lagu atau kidung Lingsir Wengi tersebut. Nama Kalijaga diperoleh karena beliau menyukai berendam di sungai pada saat beliau berada di Cirebon. Namun menurut pengamat lainnya, menyatakan bahwa kata Kalijaga berasala dari bahasa arab yaitu “Qadli Dzaqa” yang berarti penghulu suci kesultanan.

b. Sarana Dakwah

Sunan Kalijaga sangat menyukai kesenian, sehingga beliau memakai kesenian sebagai alat untuk menyebarkan agama Islam pada masa itu. Sunan Kalijaga menggunakan seni ukiran, wayang, gamelan, serta nyanyian dalam dakwahnya. Salah satunya yang beliau gunakan adalah kidung Lingsir Wengi tersebut yang berisi doa kepada Tuhan. Selain itu, ia juga menciptakan baju takwa, perayaan sekatenan di Yogyakarta, dan lain-lain.

c. Lagu Gending Jawa

Sunan Kalijaga menciptakan kidung Lingsir Wengi dengan memakai pakem gending Jawa yaitu Macapat. Pakem Macapat ini terdiri dari 11 macam pakem yang salah satunya yaitu pakem Durma yang dipakai dalam Lingsir Wengi.

Lagu-lagu yang memakai Pakem Durma harus mencerminkan suasana yang keras, sangar, suram, kesedihan, bahkan bisa mengungkapkan sesuatu yang mengerikan dalam kehidupan. Oleh sebab itu, lagu Lingsir Wengi dilantunkan dengan perasaan yang lembut, tempo pelan, dan sangat menyayat hati.

Selain itu makna lagu tersebut tersirat menyatakan sebuah doa kepada Tuhan seperti yang dinyatakan dalam lirik lagunya :

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, lirik tersebut memiliki arti Sebagai berikut.

Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut

2. Malam Satu Suro

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSILk1PHCeEOmj9oSlNSGNsqPyrsCCOnsfEcVbnp0HjFlZTHdLgDwMalam satu sura sendiri sebenarnya merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat jawa hingga sekarang.Lagu Malam Satu Suro sebenarnya memiliki lirik yang tidak menyeramkan.

Malam ini
Sunyi sepi
Kau terlena
Dalam mimpi
Kau tersenyum
Kedamaian

Sekilas tak ada yang aneh ataupun makna menyeramkan pada lagu ini. Lagu ini justru terkesan seperti lagu-lagu bertemakan cinta pada umumnya.

Hanya saja masyarakat banyak mempercayai jika lagu Malam Satu Suro ini mengandung hawa mistik ketika dinyanyikan oleh sosok Sundel Bolong yang diperankan oleh Suzana.

Karakter dan citra mistis yang dimiliki oleh Suzana ternyata juga melekat pada lagu ini. Jika penasaran ingin mendengarkan lagu Malam Satu Suro yang terdapat dalam film horor yang diperankan Suzana, maka sebaiknya dengarkan beramai-ramai dengan teman-teman kalian.

pengasihan3. Nina Bob

indexMungkin sebagian dari kita tidak pernah menyangka jika lagu Nina Bobo dianggap sebagai lagu untuk memanggil makhluk halus. Dalam sebuah cerita yang beredar mengenai asal mula munculnya lagu ini, Nina adalah seorang balita perempuan berdarah Indonesia – Belanda yang bernama Helenina Mustika van Rodjnik.

Namun sayang, umur Helenina tak panjang ia meninggal pada usia empat tahun. Lagu Nina Bobo memang sengaja diciptakan oleh sang ibu untuk menidurkan Helenina ketika menangis.

Nina bobo oh nina bobo
Kalau tidak bobo digigit nyamuk
Lirik ini dapat juga diartikan,
Tidurlah sayang, adikku manis
Kalau tidak tidur nanti digigit nyamuk

Karena mengalami depresi dan kesedihan mendalam ibu Helenina terus menyanyikan lagu Nina Bobo. Hingga suatu ketika Helenina kembali ke rumahnya karena mendengar nyanyian sang ibunda. Tak ada yang dapat menjamin kebenaran cerita ini.

3. Mantra Jalangkung

Siapa yang tak tahu nyanyian Mantra Jelangkung? Nyanyian ini sering kita dengar di film-film horor Indonesia yang bertemakan Tusuk Jelangkung. Jelangkung merupakan salah satu permainan tradisional yang memang dikenal untuk memanggil makhluk lain di alam ghaib.

Jelangkung jelangsat
Di sini ada pesta
Pesta kecil-kecilan
Jelangkung jelangsat
Datang tidak diundang
Pergi tidak diantar

Itulah lirik Mantra Jelangkung yang kerap kita dengar. Percaya atau tidak mungkin di antara kalian sudah ada yang membuktikan kebenaran dan keampuhan mantra ini untuk memanggil makhluk ghaib.

Tapi jika kalian ingin memainkan mantra tersebut, sebaiknya waspadalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah sedikit ulasan tentang lagu-lagu yang identik dengan pemanggil makhluk halus.

Incoming search terms:

  • download lagu pemanggil makhluk halus
  • nyanyian jawa mengundang kuntilanak
This entry was posted in Misteri and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.