Mengenal Sosok Misteri Kuntilanak yang Menyeramkan

misteri KuntilanakKuntilanak merupakan hantu atau setan yang diakui datang dari wanita hamil yang sudah maninggal atau wanita yang matinya lantaran karena melahirkan anak tapi belum pernah dilahirkan. Lain halnya dengan Mitos yang serupa dengan mitos hantu langsuir yang di kenal di Asia Tenggara, terlebih di nusantara Indonesia. Mitos hantu kuntilanak mulai sejak dulu juga sudah jadi mitos yang umum di Malaysia sesudah dibawa oleh imigran-imigran dari nusantara.

Kota Pontianak memperoleh namanya lantaran konon Abdurrahman Alkadrie, pendiriKesultanan Pontianak diganggu hantu ini saat bakal memastikan tempat pendirian istana. Mitos hantu kuntilanak mulai sejak dulu juga sudah jadi mitos yang umum di Malaysia sesudah dibawa oleh imigran-imigran dari nusantara. Dalam narasi rakyat Melayu, sosok kuntilanak digambarkan berbentuk wanita cantik. Kuntilanak digambarkan suka meneror masyarakat kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak pada saat nampak senantiasa diiringi harum bunga kemboja. Konon laki-laki yang tidak waspada dapat dibunuh setelah kuntilanak beralih bentuk jadi penghisap darah. Kuntilanak disebutkan kerap menjelma juga sebagai wanita cantik yang jalan seseorang diri dijalan yang sunyi.

Oleh karenanya, narasi ini kemungkinan di buat untuk hindari wanita diganggu oleh pemuda-pemuda yang takut bakal Kuntilanak saat jalan seseorang diri di jalan yang sunyi. Dalam narasi seram serta film horor di tv Malaysia, kuntilanak digambarkan membunuh mangsa lewat cara menghisap darah dibagian tengkuk, seperti vampir.

Kuntilanak Dalam Legenda Sunda Agak tidak sama dengan deskripsi menurut kebiasaan Melayu, kuntilanak menurut kebiasaan Sunda tak mempunyai lubang di punggung serta cuma mengganggu dengan penampakan saja. Type yang mempunyai lubang di punggung seperti gambaran diatas dimaksud sundel bolong. Kuntilanak konon juga suka pada pohon spesifik juga sebagai tempat “bersemayam”, umpamanya waru yang tumbuh cenderung ke samping (popular dimaksud “waru doyong”).

Tanda-tanda kuntilanak versus Sunda:

  1. tertawa melengking
  2. menangis
  3. sukai puing-puing bangunan atau yang masih setengah jadi
  4. kerap bertempat di muara sungai atau pinggiran danau atau kolam
  5. suka pada daging anak-anak (maka dari itu kerap disebut mereka sukai menculik bayi)

Keyakinan penangakalan Berdasar pada keyakinan serta kebiasaan orang-orang Jawa, kuntilanak akan tidak mengganggu wanita hamil apabila wanita itu senantiasa membawa paku, pisau, serta gunting apabila melancong ke mana saja. Hal semacam ini mengakibatkan biasanya didapati rutinitas menempatkan gunting, jarum serta pisau di dekat tempat tidur bayi.

Menurut keyakinan orang-orang Melayu, benda tajam seperti paku dapat mencegah serangan kuntilanak. Saat kuntilanak menyerang, paku ditancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak. Sesaat dalam keyakinan orang-orang Indonesia yang lain, tempat untuk menancapkan paku dapat berubah ke sisi atas ubun-ubun kuntilanak. Mengenai lagu untuk memanggil arwah/setan kuntilanak itu, yakni dengan menyanyikan lagu tembang jawa tempo dahulu yakni “Lingsir Wengi” seperti berikut ; “Lingsir wengi sliramu tumeking sirno… Ojo tangi nggonmu guling… Awas jo ngetoro… Saya lagi bang wingo wingo… jin setan kang tidak utusi…jin setan kang tidak utusi… dadyo sebarang… waja lelayu sebet…” yang berarti Mendekati malam dirimu (bayangmu) mulai pupus janganlah terbangun dari tidurmu Awas janganlah tampak (menunjukkan diri).. Saya tengah gelisah… Jin setan ku perintahkan….Jin setan ku perintahkan…Jadilah apa pun juga … tetapi janganlah bikin maut (celaka).

Saya menyimpulkan Lingsir Wengi hanya suatu Durma, macapat, kidung atau tembang jawa yang memanglah telah populer mulai sejak dahulu kala. Tembang mendekati larut malam. Banyak yang menyangkal bahwa itu yaitu tembang untuk memanggil kuntilanak. Namun banyak juga yang mengakui alami hal yg menyeramkan sesudah dengarkan lagu itu. Lirik yang paling akhir “ wojo lelayu sebet “ bahkan juga ada yang salah mengartikan (tak tahu disengaja untuk menakut- nakuti, atau memanglah salah mengartikan), ”menjadi penghubung untuk mencabut nyawamu”.

Sekian Mengenal Sosok Misteri Kuntilanak yang Menyeramkan kali ini.

This entry was posted in Misteri and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.