Seputar Tentang Makhluk Halus yang Ada di Indonesia

Indonesia adalah negara nomor satu yang paling kaya akan suku & budaya, keanekaragaman suku & budaya tersebut melahirkan banyak paham, adat, dan pemahaman yang berbeda-beda, perbedaan itu pula-lah yang membuat indonesia yang juga kerap dikenal dengan nama negara dengan peringkat nomor satu dengan nama keanekaragaman jenis hantu di tiap daerahnya. berikut kisah singkat nama hantu di indonesia.

A.Hantu Kuntilanak-Pontianak

Hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir.

B.Hantu Banyu– Samarinda

Hantu sungai, wujudnya bisa apa aja. Biasanya mengganggu atau menakuti orang yg mandi di sungai.

C.Hantu Jeruk Purut – Jakarta

Hantu pendeta tanpa kepala. Sering menampakan diri di sekitar TPU-JP.

D.Hantu Jerangkong- Jawa

Hantu berwujud tulang belulang manusia yang hidup.

E.Hantu Jurig Sariawan – Jawa Barat

Hantu ini tidak banyak yg tau wukudnya. Biasanya menempati tempat sampah.

F.Hantu Kemamang – Jawa

Hantu berwujud seprti bola api, dan sering muncul dengan melayang [Biasanya kalo di pesantren buat main bola Api.

G.Hantu Palasik – Minangkabau

Hantu berwujud badan dan kepala yg terlepas dan melayan-layang. Cari makan Dengan Mencari Orang Hamil.

banner-coverH.Tuyul – Jawa

Wujudnya berupa anak kecil berkepala botak dan telanjang cuma pake sempak. Biasanya dibuat pesugihan. Menurut mitos orang yg mencukur alisnya bisa melihat tuyul.

I.Genderuwo – Nusantara

Suka menggoda wanita, terutama istri yg ditinggal suaminya. Mereka bisa menyamar menjadi suami si peremuan dengan syarat memakai pakaian suaminya. Wujud aslinya besar, hitam, dan berbulu.

J.Begu Ganjang – Sumatra Utara

Hantu yg satu ini dipelihara untuk mencari kekayaan,Dengan syarat mengorbankan nyawa manusia sebagai tumbal. Jika ada yg melihat, tubuhnya akan semakin tinggi.Begu Ganjang yang berarti hantu panjang, memang dikenal sebagai Begu ganas. Badanya setinggi pohon enau, bisa berperangai pria atau wanita, dengan gigi tajam seperti gergaji. Dia gemar mencekik leher mangsanya. Bila membunuh, ada bekas biru lebam pada leher si korban.

K.Banaspati – Jawa

Banaspati adalah sebutan bagi hantu yang memiliki wujud seperti api dan berelemen utama api. Bisa berwujud menyerupai manusia, juga sering ditemukan berbentuk seperti bola api. Hantu ini biasanya terbang rendah dari satu tempat ke tempat lain dengan kepala berada di bawah. Dikabarkan, hantu ini senang menghisap darah manusia sebagai makanannya. Sering ditemukan di daerah Jawa Tengah, Indonesia.

L.Kuyang – Kalimantan

Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi atau darah wanita yang habis melahirkan. Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang sebenarnya adalah manusia (wanita) yang menuntut ajaran ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

pengasihanM.Pulung Gantung – Gunung Kidul

Cahaya-cahaya misterius yang kerap muncul dan berterbangan seperti ini kerap disebut sebagai “Pulung Gantung” oleh Masyarakat Gunung Kidul.Pulung gantung di Gunung Kidul berwujud cahaya hijau kemerah-merahan. Cahaya itu biasanya meluncur dan jatuh meneror manusia.Munculnya saat sekitar pukul 20.00 WIB, ketika umumnya anak-anak sudah tidur lelap. Cahaya ini dikatakan simbol kematian dan maut, diyakini pulung ini mentranformasikan diri sebagai pendorong tindakan nekat. Apakah ada semacam proses pengendalian pikiran (mind control) atau seperti yang terjadi di luar negeri, bahwa hal itu ada hubungannya dengan fenomena UFO?.Berwujud bola api melayang, pertanda buruk. Jika berputar-putar di atas rumah, maka penghuninya akan mati gantung diri.

N.Wewe Gombel – Jawa

Wewe Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.

Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya. Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel.

O.Matianak – Bawean

Beda sama kuntilanak yg gak kenal jenis, hantu ini wujudnya berambut panjang, baju putih panjang (daster) dan cuma menggoda laki-laki.

P.Pocong – Nusantara

Pada saat dikebumikan si mayit lupa dibukakan tali pocongnya sehingga dia menjelma menjadi sosok yang mengerikan seperti waktu dia mati. Tapi dia tidak gentayangan menakuti orang-orang di sekelilingnya! Kalaupun dia gentayangan dan coba menakut-nakuti orang di sekitarnya maka berarti dia masih memiliki tanggungan selama hidupnya.

Q.Hantu Muka Rata – Nusantara

Hantu muka rata adalah hantu yang tidak memiliki wajah alias rata seperti papan.Penampakan hantu ini seringkali dimulai dari adanya pedagang sate di malam hari,pedagang sate ini biasanya jarang sekali berbicara dalam melayani pelanggannya dan ketika akan membayar maka pedagang sate tersebut akan berubah menjadi hantu yang tidak memiliki mata,hidung,mulut maupun alis.

R.Hantu Anja-anja – Jawa

Sebuah kutukan yang menyerang pengantin baru. Biasanya karena melanggar adat setempat. Keesokan harinya setelah malam pertama mereka mati dengan tubuh membiru 

S.Hantu Memedi Bandhoso – Jawa

Memedi (Jawa) berasal dari kata wedi yang berarti takut. Memediartinya secara umum adalah sesuatu yang medeni atau membuat takut. Menurut Geertz dalam bukunya Abangan, Santri, Priyayi, Dalam Masyarakat Jawa, yang saya kutip dari blog Dolanan Jadul,memedi ini hanya menakut-nakuti orang saja. Memedi tidak menyakiti. Sedangkan yang bisa menyakiti orang dikategorikan sebagai lelembut.Wujudnya keranda yang bergerak-gerak, pertanda akan ada yang meninggal besoknya di daerah sekitar.

T.Hantu Memedi Usus – Jawa

Berupa bentangan usus manusia, yang akan melilit kaki orang yang sedang melintas di jalan. Ia biasanya melintang di jalan untuk menunggu mangsa. Orang yang kebetulan terlilit oleh Memedi Usus, selain karena memang kakinya terlilit, terasa berat dan kesulitan utk berjalan atau berlari. Ya iyalah,…

U.Jenglot – Jawa

jenglot

Makhluk itu dinamakan jenglot. Kabarnya, jenglot itu bukan benda mati. Konon ia hidup, namun tak ada yang pernah tahu kapan bergerak.Konon, makhluk misterius itu selalu menghabiskan darah manusia yang dicampur minyak japaron. Namun, sekali lagi, tak ada yang tahu kapan ia menenggaknya. Menurut beberapa orang, dalam menyantap sajiannya itu, jenglot tak menggunakan cara seperti yang dilakukan manusia pada umumnya. Yang jelas, dalam setiap 18 jam, sebanyak 3 cc darah dan minyak wangi yang disajikan akan berkurang sekitar 50 persen sampai 60 persen.

Jenglot pada masa ribuan tahun lalu adalah manusia (seorang pertapa) yang tengah mempelajari ilmu Bethara Karang. Ilmu Bethara Karang diyakini sebagai ilmu keabadian. Artinya, setiap orang yang memiliki ilmu tersebut akan hidup abadi di dunia. “Namun, akibat kutukan, jasad jenglot tidak diterima di dunia sedangkan rohnya tidak diterima di akherat. Maka roh tersebut seperti terpenjara dalam jasad kecil ini,” kata Hendra. Setelah itu, sang pertapa menjadi emosional dan merasa sebagai jawara. Tak pelak, tubuhnya pun menyusut, hingga akhirnya mengecil. Empat taring kemudian tumbuh memanjang, tak sebanding dengan lebar mulutnya. Katanya, itu sebagai lambang keganasan dan sifat liar sang “monster”.

V.Sundel Bolong – Jawa

Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia digambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Digambarkan pula terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat. Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan. Perwujudan ini sangat kuat digambarkan dalam film horor Indonesia tahun 80-an dimana banyak diperankan oleh aktris kawakan Suzanna.

Itulah sekilas hantu-hantu yang ada di Indonesia.Dan masih banyak lagi hantu yang belum ter expost kawan.Mungkin hantunya takut di jadiin judul Film? wkkw…Sekarang di Indonesia banyak film bergenre horor dengan judul aneh-aneh tapi kurang berkwalitas.Hanya menyuguhkan hal-hal yang berbau seksi dan fulgar.Film horor sekarang beda sama film jaman dulu.Horornya malah tidak ada yang ada hal yang berbau fulgar dan seksi.Sekian postingan semoga bermanfaat Gan…

Incoming search terms:

  • genderuwo jawa
This entry was posted in Misteri and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.